Jumat, 06 Maret 2015

MANFAAT PIPA PVC

Halo sahabat ilmusipil,.. kali ini saya berpikir tentang hal sederhana namun bisa jadi akan membawa perubahan besar jika diaplikasikan dalam dunia konstruksi bangunan, yaitu tentang memanfaatkan pipa pvc untuk struktur rangka rumah tinggal atau bahkan gedung pencakar langit, ya.. bahan bangunan yang selama ini hanya digunakan untuk tempat saluran air ini rasanya akan lebih bermanfaat jika digunakan untuk struktur rumah, mengingat banyak kelebihan yang bisa didapat dengan menggunakan jenis material ini, untuk itu mari kita bahas dan analisa lebih lanjut

Kelebihan Pipa PVC untuk rangka rumah
  1. Mudah dibongkar pasang, jadi menjual rumah bisa seperti penjualan unit sepeda sepeda motor, tinggal pilih tipe rumahnya sesuai ukuran tanah yang tersedia lalu dikirim ke lokasi pembangunan dan dalam waktu sehari rumah rangka pipa PVC sudah berdiri kokoh.
  2. Struktur rumah pipa pvc sangat ringan, kondisi ini jauh berbeda dengan penggunaan beton bertulang yang tergolong berat sehingga membutuhkan pondasi, sloof, kolom dan balok yang besar, ini merupakan sebuah pemborosan.
  3. Tahan terhadap gempa, semakin ringan rumahnya maka akan tahan terhadap goncangan. rumah mungkin akan bergoyang ketika terjadi gempa namun akan segera kembali ke posisi semula ketika goncangan berhenti.
  4. Murah dan mudah didapat, Hampir di setiap toko bangunan menyediakan pipa paralon, harganya juga cukup terjangkau, lebih murah jika dibanding struktur baja dan beton.
  5. Nilai arsitektur yang tinggi, beberapa pipa akan menghasilkan bentuk yang indah jika dirangkai sedemikian rupa.
  6. Awet dan mudah dalam perawatan, ya.. PVC bisa bertahan lama meskipun tanpa perawatan khusus. tidak seperti kayu yang bisa dimakan rayap, berbeda dengan besi yang keropos terkena karat.

Saya menggunakan Pipa PVC untuk rangka kandang Burung
Sebagai gambaran, saya telah mengaplikasikan penggunaan pipa PVC ini sebagai konstruksi rumah kandang burung berukuran 3m x 1m x 2m  menggunakan pipa ukuran 1,25″ dan terbukti bagus. Saya beripikir jika menggunakan pipa dengan diamater yang lebih besar maka bisa untuk konstruksi rumah,  ya.. namanya kekurangan tentu saja ada, tapi itu bisa terus diperbaiki hingga berhasil menciptakan karya terbaik, berikut fotonya


Penggunaan Pipa PVC sebagai konstruksi rumah tinggal ini hanyalah sebuah pemikiran awal, jadi silahkan dipikir-pikir dan dikembangkan lebih lanjut, semoga lekas tersiar kabar pembangunan rumah dengan struktur pipa pvc

2 komentar :

jika pvc dijadikan kerangka rumah apakah memungkinkan dari segi perhitungannya? setahu saya sampai saat ini dalam dunia perkuliahan mengenai perhitungan struktur belum pernah membahas plastik terlebih pvc dijadikan struktur..

Apakah pvc dalam jangkau waktu panjang dapat bertahan lama? ?

Posting Komentar